Senggugu.web.id - Cara Untuk Menjaga Kesehatan Kehamilan Supaya Aman Dalam Melakukan Sebuah Perjalanan

Senggugu.web.id - Cara Untuk Menjaga Kesehatan Kehamilan Supaya Aman Dalam Melakukan Sebuah Perjalanan. Suatu liburan atau perjalanan baik wisata maupun dengan tujuan tertentu adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan, apalagi berlibur dengan seluruh keluarga dan merupakan kegiatan rutin bagi sebagian keluarga untuk membangun harmonisasi keluarga tersebut. Biasanya kegiatan liburan, baik bepergian secara lokal atau ke luar negeri akan dilakukan dengan menggunakan kendaraan darat, laut dan udara, dimana tergantung dengan kebutuhan keluarga dan jarak yang akan dituju. Akan tetapi, apakah ini juga bisa dilakukan oleh wanita yang sedang hamil, tentu pertanyaannya, apakah aman kegiatan bepergian jauh untuk wanita hamil?

Senggugu.web.id - Cara Untuk Menjaga Kehamilan Wanita Supaya Aman Dalam Melakukan Sebuah Perjalanan

Senggugu.web.id - Cara Untuk Menjaga Kesehatan Kehamilan Supaya Aman Dalam Melakukan Sebuah Perjalanan, Adalah Sebagai Berikut:

Menjawab pertanyaan diatas, untuk kategori aman atau tidaknya wanita hamil dalam melakukan kegiatan bepergian jauh adalah dari diri kita sendiri, sudah tentu wanita hamil kondisinya berbeda yaitu lebih ekstra dalam menjaga kehamilannya, akan tetapi tidak menutup kemungkinan wanita hamil melakukan kegiatan berpergian ini. Berikut ini beberapa cara menjaga kehamilan saat melakukan perjalanan jauh.

# Melihat Masa Kehamilan

Sangat penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan saat bepergian apalagi dengan jarak tempuh yang jauh dan menghabiskan waktu berjam-jam, dengan beberapa permasalahan wanita yang sedang hamil ini sering terjadi seperti mual dan muntah, sakit punggung dan kram perut, jadi untuk itu kita harus memperhatikan usia kehamilan sebelum melakukan perjalanan jauh tersebut, cara terbaik yang dapat kita lakukan yaitu pada trimester kedua adalah waktu yang tepat bagi kita untuk melakukan perjalanan selama kehamilan, masa kehamilan trimester kedua ini telah terhindar dari mual dan muntah. Pada saat telah memasuki trimester ketiga untuk melakukan perjalanan jauh selama kehamilan sebaiknya kurang dari 32 minggu, hal ini untuk mengurangi risiko kontrak ion di jalan. Beberapa kasus wanita hamil yang sedang melakukan perjalanan jauh akan mengalami beberapa masalah sehingga dianjurkan menggunakan kendaraan pribadi agar kita dapat berhenti sejenak untuk beristirahat beberapa menit guna menghindari hal yang tak diinginkan.

# Memeriksakan Kesehatan Kehamilan

Dalam melakukan perjalanan jauh wanita yang sedang hamil sebaiknya mepertimbangkan lebih lanjut kesehatan kehamilan, hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan mengingat perjalanan jauh akan menghabiskan lebih banyak waktu dibandingkan dengan hanya perjalanan lokal, bagi wanita hamil yang memiliki risiko tinggi dalam kehamilannya seperti riwayat tekanan darah tinggi, diabetes atau gangguan lain tidak diperbolehkan melakukan perjalanan jauh yang menghabiskan lebih banyak waktu atau perjalanan yang membuat kita lelah, jika perjalanan jauh tersebut memang harus kita lakukan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan dan terus berkomunikasi jika terdapat permasalahan dalam perjalanan.

# Pertimbangan Pilihan Transportasi

Terdapat tiga jenis transportasi yang bisa digunakan saat ini yaitu menggunakan transportasi udara, transportasi laut, dan transportasi darat. Dalam hal ini kembali lagi kepada tujuan kita dalam melakukan perjalanan, untuk wanita yang sedang hamil sebaiknya memilih transportasi yang nyaman untuk mengurangi permasalahan yang akan terjadi. 

Senggugu.web.id - Cara Untuk Menjaga Kehamilan Wanita Supaya Aman Dalam Melakukan Sebuah Perjalanan

1.   Menggunakan Transportasi Udara 

Menggunakan transportasi udara ini dalam melakukan perjalanan jauh untuk wanita hamil sangat dianjurkan, karena dapat mengurangi waktu tempuh kita dibanding transportasi lainnya, maka transportasi udara ini dikategorikan aman untuk dilakukan. Selain itu kita tidak perlu khawatir tentang radiasi mesin x ray karena tidak akan mengganggu kesehatan janin kita. Walalupun transportasi ini aman dilakukan namun teradapat risiko pada wanita hamil yaitu vena trombosis yang mendalam akan ganda, dalam hal ini kita harus memperhatikan beberapa hal seperti posisi duduk sebaiknya di dekat toilet untuk membuat kita lebih mudah jika kebiasaan kemih selama kehamilan meningkat, sebaiknya sediakan obat anti mual ketika bepergian menggunakan transportasi udara ini yaitu dengan rekomendasi dokter, pada wanita hamil bepergian dengan transportasi udara ini sebaiknya menggunakan stoking untuk meningkatkan sirkulasi darah, sebelum melakukan perjalanan dengan transportasi udara ini sebaiknya lakukan pemanasan dengan berjalan kaki di sekitaran ruang tunggu untuk menghindari terjadinya keram dan juga menghindari makanan yang mengandung gas karena dapat meningkatkan mual dan muntah.

2.   Menggunakan Transportasi Darat

Transportasi darat adalah kendaraan yang sering digunakan meskipun sangat melelahkan belum lagi kemacetan dapat terjadi selama perjalanan kita. Pada kondisi wanita hamil harus mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya baik dari obat-obatan khusus untuk wanita hamil, dan lain sebagainya, gunakan sabuk pengaman untuk menghindari benturan yang tidak diinginkan, sebaiknya kita cari informasi terlebih dahulu beberapa pusat kesehatan yang mungkin bisa kita temui selama dalam perjalanan, dan mencari tempat duduk yang nyaman dan cukup luas untuk meluruskan dan menekuk kaki untuk menghindari kram selama di perjalanan.

3.   Menggunakan Transportasi Laut

Dalam berpergian menggunakan transportasi laut ini untuk wanita hamil sebaiknya lebih berhati-hati karena kondisi mabuk laut sering terjadi, sehingga risiko akan menjadi dua kali lipat bagi wanita hamil, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan informasi obat yang diperlukan, memilih waktu yang tepat untuk meminimalkan kemungkinan kelebihan pengguna obat, serta kita juga dapat mengkonsumsi beberapa makanan sehat dan minuman untuk mendukung perjalanan dengan menggunakan transportasi laut tersebut. 

Terima Kasih, Salam Hangat, Dan Sukses Selalu ..!!