Senggugu.Web.Id - Informasi Objek Wisata Kepulauan Seribu Yang Terletak Di Teluk Jakarta, Indonesia

Senggugu.Web.Id - Informasi Objek Wisata Kepulauan Seribu Yang Terletak Di Teluk Jakarta, Indonesia. Liburan merupakan hal yang paling menyengkan dan tentunya dengan merencanakan waktu yang tepat, apalagi saat ini aktivitas kerja yang semakin meningkat sudah tentu refresing perlu dilakukan untuk penyegaran pikiran dan dapat kembali beraktifitas dengan penuh semangat. Tempat wisata yang tersedia memang sangat beragam tergantung kebutuhan dan hobi masing-masing setiap individu, seperti wisata belanja, wisata alam, dan lain sebagainya. Kali ini kami memberikan informasi wisata pantai yang berada di Teluk Jakarta yaitu Kepulauan Seribu, Dimana pulau ini menawarkan keindahan yang eksotis serta keramahan budaya lokal membuat para wisatawan betah dan dapat menyegarkan pikiran dengan berkunjung ke objek wisata ini. Sebelum berkunjung ke objek wisata Kepulauan Seribu ini, sebaiknya kita mengetahui sedikit informasi mengenai karakteristik objek wisata tersebut.


Senggugu.Web.Id - Informasi Objek Wisata Kepulauan Seribu Yang Terletak Di Teluk Jakarta, Indonesia


Kepulauan Seribu bermukim penduduk dengan sebutan "Orang Pulo" yang rumahnya berada di kisaran Kepulauan Seribu saat ini. Kepulauan Seribu itu sendiri dinamakan demikian karena banyaknya pulau yang terdapat pada daerah tersebut. Informasi menyebutkan dari versi catatan Pemerintah Daerah, pulau di daerah Kepulauan Seribu ini hanya 300 pulau dari 110 pulau yang memiliki habitat alam flora fauna.

Sejarah Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan kesatuan Kepulauan Nusantara, dalam hal ini Kepuluan Seribu terletak di Teluk Jakarta. Pada zaman dahulu pulau-pulau karang kian terbentuk diatas koloni binatang karang yang telah mati di Teluk Jakarta ini, koloni tersebut tumbuh didalam dasar laut dangkal, serta lapisan atasnya tampak ke permukaan laut lantaran proses pelapukan dari karang, kemudian diatas daratan karang lapuk yang terapung itu mulailah tumbuh sekian jenis pohon sampai jadilah daratan yang dipenuhi pasir yang kini kita kenal jadi Kepulauan Seribu.

Catatan sejarah yang menyatakan Kepulauan Seribu yakni terdiri dari prasasti bekas peninggalan Belanda dari abad ke enam belas, tepatnya berada di Pulau Onrust. Namun sejatinya bangsa Portugis terlebih dahulu datang ke Sunda Kelapa menjelang Belanda, yaitu tahun 1513 di mana saat itu Kota Jakarta tengah masuk kedalam wilayah politik Kerajaan Sunda Pajajaran. Tetapi entah mengapa, Orang Portugis kala itu tidaklah meninggalkan jejak di Kepulauan Seribu. Tidak cuma peninggalan prasasti itu, ada pula peninggalan sejarah merupakan benteng pertahanan di Pulau Bidadari, Pulau Kelor, dan Pulau Onrust yang sampai hari ini masih nisa kita lihat di tiga pulau itu. Sedangkan untuk kita ketahui bersama, pada abad ke tujuh belas, peta yang di buat oleh Belanda sudah menjadi tanda keberadaan pulau-pulau di wilayah Pulau Panggang yang dari dulu sudah berpenghuni.


Traditional.Web.Id - Informasi Objek Wisata Kepulauan Seribu Yang Terletak Di Teluk Jakarta, Indonesia


Selain itu peninggalan sejarah lainnya yaitu terdiri dari makam-makam yang terdapat di Kepulauan Seribu, Seperti makam Panglima Hitam Pulau Tidung. Dalam hal ini terlihat jelas bahwa Kepulauan Seribu memberikan catatan sejarah yang kuat akan kebaradaannya terdahulu serta menyambung lembaran-lembaran sejarah yang telah ditemukan di Kepulauan Seribu ini.

Budaya Penduduk Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu bermukim penduduk yang dipercaya telah terbentuk serta bermula dari kawasan Pulau Panggang, setelah permukiman di Kepulauan Seribu semakin meluas, penyebaran penduduk dan juga budayanya merambah dari satu pulau menuju ke pulau yang lain, seperti Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung dan sejumlah pulau lainnya di daerah kepulauan seribu. Penduduk asli Kepulauan Seribu sering disebut dengan "Orang Pulo". Karakteristik Orang Pulo pada saat masa itu begitu berbeda dengan penduduk betawi, meski daerahnya begitu berdekatan pada kota Jakarta. Dan pula tidak berkarakter mirip dengan penduduk Banten meski sejumlah penduduk awal asalnya dari Banten. 

Penduduk Pulau Panggang itu lebih punya kecenderungan karakteristik budaya tersendiri yaitu perpaduan budaya Banten, karakteristik penduduk Kalimantan, suku mandar sulawesi, Sunda  serta berpadu dengan budaya dan karakter penduduk Betawi. Hasil campuran budaya ini begitu kompleks dan menghasilkan satu budaya dan karakter yang baru, yaitu disebut karakter ‘Orang Pulo‘ istilah tuk warga Pulau Panggang, yang selanjutnya membentuk karakter dan budaya penduduk Kepulauan Seribu hingga saat ini.

Campuran budaya yang menciptakan karakterisitik yang unik di Kepulauan Seribu ini ditunjukkan dari gaya bahasa, gerak-gerik dan pemikiran mereka. Gaya bahasa mereka lebih bersuara keras dalam berbicara, lincah, serta karakter beragam suku di Indonesia yang telah bercampur menjadi karakteristik yang unik. Dari segi kuliner Orang Pulo juga memiliki keragaman tersendiri baik dalam penyebutan makanan serta rasa yang khas dari penduduk lokal tersebut.

Dari berbagai karakter dan budaya yang telah bercampur tersebut menjadikan Kepulauan Seribu ini lebih dikenal akan budaya penduduk lokalnya dan menunjang kesuksesan dalam kemajuan wisata daerah tersebut, selain itu keramahan penduduk lokal dapat membuat wisatawan betah dan dapat menikmati berlibur di Kepulauan Seribu ini. Hal ini tentu saja dapat memicu potensi berkembangnya situs wisata Kepulauan Seribu dan menambah daftar objek wisata yang ada di Indonesia.


Senggugu.Web.Id - Informasi Objek Wisata Kepulauan Seribu Yang Terletak Di Teluk Jakarta, Indonesia, Adalah Sebagai Berikut:

Sebelum merencanakan berkunjung ke Pulau Seribu ini, ada baiknya kita menentukan terlebih dahulu dan mencari rekomendasi pulau-pulau yang sudah memiliki fasilitas untuk dikunjungi, baik itu pulau cagar alam, pulau penduduk, maupun pulau resort swasta, seperti Pulau Rambut "terdapat habitat ribuan burung", Pulau Semak Daun "terdapat habitat penangkaran penyu", Pulau Pamagaran dan Pulau Melintang yang merupakan "Taman Nasional". Namun terdapat pulau yang harus memiliki izin khusus, karena pulau disini tidak semua terbuka untuk umum.

Objek Wisata Kepulauan Seribu, jik kita ingin mengunjungi tempat ini, terlebih dahulu kita menuju daerah Muara Angke, selanjutnya melanjutkan perjalanan menggunakan armada kapal yang terdapat empat pilihan, yaitu dengan kapal tradisional (kapal kayu), kapal PELNI, kapal Feri, dan kapal cepat (KM. Kerapu atau Speed Boat). Jika wisatawan memilih untuk naik kapal tradisional, KM. Kerapu, atau kapal Feri, wisatawan harus menuju Pelabuhan Kaliadem yang terletak di belakang Pasar Ikan Muara Angke Jakarta, Apabil wisatawan ingin naik Speed Boat, maka wisatawan harus naik dari Dermaga Marina, Ancol, sedangkan untuk naik kapal PELNI, kita harus naik dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Namun jangan khawatir, jika kita bingung menentukan objek wisata yang akan kita datangi di Kepulauan Seribu ini, sudah banyak jasa traveling yang menawarkan paket wisata sesuai kebutuhan kita dimulai dari harga yang ekonomis sampai dengan harga yang tinggi dengan fasilitas yang mewah. Berikut ini beberapa pilihan objek wisata pulau yang ada di Kepulauan Seribu.

Pulau Sepa

Dengan menempuh perjalanan berkisar 90 menit dari Marina Ancol dengan kondisi air laut yang jernih dan bersih sangat cocok untuk wisata Snorkeling, ditambah suasana pantai yang landai dan berpasir putih menjadikan Pulau Sepa ini merupakan pulau yang indah untuk dikunjungi, Objek wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara untuk berjemur di pinggir pantai, Pulau Sepa ini dikenal sebagai "Paradise For Diver"

Traditional.Web.Id - Informasi Objek Wisata Kepulauan Seribu Yang Terletak Di Teluk Jakarta, Indonesia

Fasilitas yang disediakan di Pulau Sepa ini antara lain Olahraga Air yaitu "Jetsky, Banana Boat, Canoe", Paket Snorkling termasuk "Set Diving, Snorkeling dan Kapal Tradisional", serta terdapat juga Game Area yaitu "Gazebo Di Pinggir Pantai dan Arena Bermain Anak Untuk Keluarga". Pulau Sepa mempunyai penginapan yang nyaman dengan bentuk cottage yang tersedia dalam beberapa tipe penginapan. Restoran unik sebagai tempat makan dan berkumpul para wisatawan dengan suasana yang terbuka agar terlihat lebih santai dan bangunan yang tradisional terlihat lebih menyatu dengan alam. Objek wisata ini juga menyediakan edukasi dalam upaya rehabilitasi terumbu karang dan menumbuhkan rasa perduli kita terhadap alam bawah laut dengan menambah ekosistem yaitu Paket Transplantasi Terumbu Karang, sudah tentu hal ini akan menambah pengalaman menarik wisatawan dalam hal pembelajaran dan berguna untuk pelestarian aset wisata itu sendiri.

Pulau Putri

Ditempuh dengan jarak sekitar 90 menit dari Marina Ancol dengan menggunakan kapal cepat. Pulau Putri memiliki luas kurang lebih tujuh sampai delapan hektar, banyak sarana yang tersedia di pulau ini, mulai dari kegiatan bermain untuk anak maupun untuk dewasa. Beragam aktivitas yang sangat di minati para wisatawan dalam berkunjung ke Pulau Putri ini, karena pulau putri mempunyai Sarana yang sangat berbeda dari Pulau Seribu lainnya.

Keunikan Pulau Putri adalah identik dengan Nuansa Bali, dimana wisatawan akan di sambut dengan tarian bali, begitupun saat makan malam di restoran kita dapat menjumpai tarian bali, dan sampai dalam penginapan terlihat interior Bali. wisatawan yang mengunjungi Pulau Putri ini terasa bernuansakan bali yang berada di Pulau Seribu. Fasilitas yang dimiliki Pulau Puteri ini tidak kalah dengan Pulau Sepa Tadi, dimana pulau ini juga memiliki Olahraga Air, Paket Snorkling, Diving, serta berbagai fasilitas lainnya yang dapat memanjakan wisatawan dalam berkunjung ke Pulau Putri ini.

Pulau Pantara

Pulau Pantara memiliki keindahan pantai dan lautnya karena di tempat ini wisata yang terjauh di antara pulau-pulau lainnya, yaitu berada di kawasan Kepulauan Seribu, jarak waktu yang di tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan atau 42 mil 70 km dari dermaga 22 marina ancol. Perjalanan tersebut menggunakan kapal besar atau dengan Speed Boat, di Pulau ini terdapat 40 Cottage yang besar dan medium, serta memiliki mini bar karena bertaraf Hotel berbintang. Pulau Pantara atau yang sering disebut Pulau Seribu Marine Resort mempunyai Restoran di bibir Pantai sehingga wisatawan dapat menikmati ke indahan laut sambil menikmati hidangan restaurant.

Pulau Pantara memiliki fasilitas selain Cottage berjumlah 40 kamar,  Restoran, Bar juga menyediakan Lapangan bermain, kolam renang, Tennis meja, lapangan tennis,  play ground, volley pantai, Set snorkeling, Canoe, Sunset Cruise keliling pulau dan masih banyak fasilitas lainnya. Pulau Pantara ini sering di digunakan sebagai tempat Event yaitu Outing, Outbound, Meeting dan Family Gathering yang bisa dilakukan di outdoor maupun indoor. 

Pulau Ayer

Pulau Ayer sangat cocok untuk wisata keluarga yang mempunyai anak-anak di bawah umur dan para orang tua yang ingin liburan dengan menikmati suasana pantai dan pasir putih serta pepohonan yang besar membuat pulau tersebut sejuk, tentunya kita akan dimanjakan dengan suasana pantai yang luar biasa untuk mengisi liburan wisatawan. Jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar kurang lebih 30 menit perjalanan di laut dengan kapal Speed Boat dari Marina Ancol. Lokasi ini menjadi salah satu pilihan untuk mengisi libur di akhir pekan dengan keluarga. Pulau Ayer dijuluki sebagai pantai mutiara di Kepulauan Seribu yang mempunyai luas sekitar 10 hektar dan di resmikannya pada tanggal 12 juli 1987 oleh pemerintah DKI Jakarta. Pulau Ayer memiliki Bungalow yang berada di atas laut, memberikan nuansa yang khas saat kita menginap di Cottage di area bungalow ini.

Traditional.Web.Id - Informasi Objek Wisata Kepulauan Seribu Yang Terletak Di Teluk Jakarta, Indonesia

Fasilitas Pulau Ayer yang tersedia adalah front office, cottage floating, mini shop, restoran terapung, sea sport actifities, arcade zone, jogging track, mimika swimming pool, children playground, panggung ojar, mambramo multipurpose room, karaoke room, fishing pier, basket field, convention hall, Ayer souvenir store, dan juga terdapat water sport seperti jetsky, banana boat, surf bike dan canoe.

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari yang cukup dekat dengan jakarta ini dengan jarak tempuh sekitar 15 Km dan waktu jarak tempuh kurang lebih 25 menit dari Marina Ancol, Pulau Bidadari ini juga merupakan objek wisata yang tepat untuk keluarga. Banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke pulau ini karena jarak tempuh yang dekat dan juga memiliki fasilitas lainnya seperti kolam renang anak, terdapat hewan peliharan Rusa yang cukup jinak dan terbiasa dengan kehadiran manusia serta terdapat bangunan benteng bersejarah pada abad ke 17 sejak zaman penjajahan Belanda.

Bangunan yang ada di pulau bidadari ini bernama Menara Martello, sejak tahun 1800 - 1810 benteng tersebut berfungsi untuk mengawasi pulau onrust karena pada tahun itu tentera inggris ingin menguasai pulau onrust, dan juga terdapat peninggalan Andong dan juga meriam yang masih tersisa peninggalan sejarah di Pulau Bidadari pada jaman Belanda.

Dari pulau-pulau diatas masih banyak terdapat pulau yang dapat kita jadikan rencana liburan akhir pekan dengan pemandangan dan objek wisata yang tidak kalah indahnya dengan pulau lainnya, seperti Pulau Pelangi, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Macan, dan berbagai pulau lainnya, tentu dalam setiap objek wisata pulau tersebut para wisatawan akan ditawarkan keindahan suasana pantai dan fasilitas lainnya yang membuat para wisatawan betah mengunjungi objek wisata tersebut.

Demikian informasi objek wisata dan liburan keluarga di Kepulauan Seribu yang terletak di Teluk Jakarta, Indonesia. Rencanakan liburan anda dan selalu mentaati peraturan yang berlaku untuk keselamatan kita sendiri dan keluarga.

Terima Kasih, Salam Hangat Dan Sukses Selalu ... !!!